Sejarah Rivalitas Persib Bandung dan Persija Jakarta

Persib Bandung dan Persija Jakarta adalah dua klub sepakbola Indonesia yang bisa dibilang memiliki rivalitas paling panas dan paling sengit di Indonesia, selain rivalitas antara Arema Malang dan Persebaya Surabaya di Jawa Timur. Lebih umum, duel antara Persib dan Persija bahkan sempat dijuluki sebagai duel El Clasico Indonesia (merujuk kepada duel El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Spanyol) atau juga Derby d'Indonesia (merujuk duel Derby d'Italia Juventus vs Inter Milan). Berikut akan kami ulas mengenai sejarah rivalitas kedua klub, yakni Persib dan Persija.


Dari beberapa referensi pertandingan yang ada antara Persib vs Persija sebetulnya tidak mempunyai akar persaingan yang terlalu ketat. Persib lebih mempunyai sejarah tatkala bertemu PSM Makassar, PSMS Medan dan Persebaya Surabaya di era liga perserikatan. Tetapi gesekan antar suporter yang bermula pada tahun 2000 saat Liga Indonesia ke 6 berlangsung membuat partai ini panas dan kemudian dijuluki Derby D’Indonesia.


Sejarah Rivalitas Persib Bandung dan Persija Jakarta

Persib yang dijuluki Maung Bandung memang dikenal memiliki basis pendukung yang sangat besar sejak dahulu, lewat beberapa kelompok suporternya, seperti Bobotoh ataupun Viking. Sementara Macan Kemayoran alias Persija memang sempat kekurangan dukungan suporter di era galatama sebelum reformasi besar-besaran yang dilakukan oleh Bang Yos alias Sutiyoso membuat Persija menjadi kembali disegani dengan fanbase-nya yang disebut The Jak atau Jakmania.

Sejarah Rivalitas Persib Bandung dan Persija Jakarta

Perseteruan antara Persib vs Persija pun semakin menguat di era 2000-an di mana ketika kedua tim bertanding selalu terjadi gesekan antara kedua belah suporter. Tak jarang panasnya laga ini membuat izin keamanan menggelar pertandingan sangat sulit dikeluarkan oleh polisi setempat karena potensi bentrok dan tawuran yang besar. Sudah ada banyak contoh kasus bentrok antara kedua suporter yang telah terjadi. Bahkan di pertengahan 2013 lalu, kaca bus tim Persib Bandung sempat dilempari batu oleh para oknum The Jak yang membuat batal digelar pertandingan.

Sejarah Rivalitas Persib Bandung dan Persija Jakarta

Meski Persib memiliki sisi historis yang lebih unggul, namun justru Persija yang memenangi head to head kedua tim sejak Liga Indonesia pertama digelar tahun 1995 hingga sekarang di era Indonesia Super League alias ISL. Kedua tim kini masih menjadi sekian tim dengan jumlah suporter terbesar di Indonesia. Bahkan Persib Bandung menjadi klub sepakbola terpopuler di dunia versi situs The Top Ten mengalahkan tim-tim besar dunia seperti Barcelona, Real Madrid, Chelsea, Manchester United atau Juventus.

Dengan segala sisi historis dan kebesaran kedua tim tersebut, tentu menarik untuk melihat perseteruan kedua tim kedepannya di lapangan. Dan tentu kita semua berharap agar tensi di luar lapangan antar suporter bisa reda sehingga tidak akan ada lagi kejadian-kejadian negatif yang terjadi atas nama rivalitas kedua tim.


(zakipedia)

mokhammad zakky

1 komentar so far

i like persib lah heee.


EmoticonEmoticon