Kandidat Bursa Calon Presiden Untuk Pemilu 2014

Pemilu presiden Indonesia akan dilaksanakan pada tahun 2014 mendatang seiring dengan berakhirnya masa jabatan presiden Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Sesuai aturan yang berlaku, SBY yang sudah memenangi pemilu dalam 2 periode tidak boleh mencalonkan diri lagi. Itu artinya bisa dipastikan jika akan ada presiden baru yang akan memimpin Indonesia. Meski masih lama, namun prediksi mengenai siapa calon presiden yang layak memimpin Indonesia sudah dimulai dari jauh-jauh hari. 

Ada beberapa calon atau kandidat yang menyatakan akan mengajukan diri pada pemilu presiden 2014 nanti. Mulai dari nama-nama lama hingga nama-nama yang tidak terduga hingga memunculkan berbagai kontroversi. Berikut ini adalah kandidat bursa calon presiden Indonesia 2014, baik dari deklarasi sang kandidat ataupun pendapat masyarakat.


Kandidat Bursa Calon Presiden 2014


Aburizal Bakrie

Kandidat Bursa Calon Presiden Untuk Pemilu 2014


Sudah menjadi rahasia umum kalau Aburizal Bakrie (gambar di atas) akan mencalonkan diri dalam pilpres 2014 nanti. Pemimpin Partai Golkar ini pun sudah memulai pencitraan dari jauh-jauh hari, salah satunya dengan membuat singkatan namanya menjadi ARB agar terkesan lebih elegan. Dengan dukungan media-media kepunyaannya seperti TVOne dan ANTV, Aburizal Bakrie lebih mudah untuk melakukan promosi dini.

Mahfud MD

Saat ini, Mahfud MD masih menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi. Namun namanya disebut-sebut masuk bursa calon presiden Indonesia pada pilpres 2014 nanti. Bahkan oleh salah satu lembaga survey independen, Mahfud MD menempati posisi pertama yang difavoritkan menjadi presiden Indonesia yang baru nantinya.

Prabowo Subianto


Kandidat Bursa Calon Presiden Pemilu 2014

Tak beda jauh dengan Aburizal Bakrie, Prabowo Subianto juga tak sungkan untuk memulai kampanye dini sebelum maju dalam pilpres 2014 nanti. Pimpinan partai Gerindra ini sudah memulai promosi di berbagai media. Hal ini menjadi bukti bahwa Prabowo sangat berhasrat untuk maju dalam pemilihan presiden 2014 nanti.

Jusuf Kalla

Saat ini, Jusuf Kalla menjabat sebagai ketua PMI Indonesia. Jusuf Kalla sendiri adalah mantan wakil presiden Indonesia periode 2004-2009. Tak heran jika Jusuf Kalla masuk bursa calon presiden Indonesia 2014 nanti. Jusuf Kalla juga sempat mencalonkan diri pada pemilihan 2009 lalu, namun kalah dari SBY.

Megawati Soekarnoputri

Tak lengkap rasanya membahas calon presiden tanpa menyebut Megawati Soekarnoputri. Satu-satunya presiden perempuan di Indonesia ini selalu masuk bursa calon presiden Indonesia tiap diadakannya pilpres. Pimpinan partai PDI ini memang dikenal selalu proaktif dalam kegiatan politik di Indonesia.

Surya Paloh

Nama lain yang dinilai akan maju sebagai kandidat presiden dalam pemilihan umum presiden Indonesia 2014 nanti. Surya Paloh memang sering disebut dalam survey kandidat calon presiden Indonesia yang baru nantinya. Pria berjenggot ini pun dinilai siap untuk maju sebagai calon presiden nantinya.

Rhoma Irama

Kandidat Bursa Calon Presiden Pemilu 2014

Memang pencalonan Rhoma Irama sebagai presiden Indonesia akan terasa aneh. Namun setidaknya Rhoma sudah memantapkan niat untuk maju dalam pilpres nanti jika ada partai yang mengusungnya. Hal ini sempat menjadi kontroversi di kalangan masyarakat dan menjadi bahan lelucon beberapa situs internet. Banyak yang pro, namun juga tak sedikit yang kontra. Rhoma Irama sendiri mengaku siap dan memiliki alasan khusus sehingga ia mau mencalonkan diri sebagai presiden.

(lihat selengkapnya Alasan Rhoma Irama jadi Presiden)


Farhat Abbas

Bisa dibilang lebih kontroversi dari Rhoma Irama. Mengusung tema Presiden Muda, Farhat Abbas mendeklarasikan dirinya akan maju dalam pilpres. Taktik yang ia gunakan dengan menyerang tokoh-tokoh lain. Farhat sempat bersitegang dengan wakil gubernur DKI Jakarta, Ahok setelah menyerang Ahok dengan kata-kata rasis lewat media jejaring sosial Twitter. Belakangan, Farhat Abbas juga menyerang Rhoma Irama yang juga dikabarkan akan mencalonkan diri di pilpres nanti.

Joko Widodo

Baru menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta pada akhir 2012 lalu, Joko Widodo alias Jokowi sempat dikabarkan masuk bursa calon presiden Indonesia 2014. Gaya kepemimpinannya yang santai, luwes dan blak-blakan membuatnya disukai oleh masyarakat. Hal ini lah yang membuat banyak yang menginginkan Jokowi maju dalam pilpres nanti.

Ani Yudhoyono

Terdengar seperti lelucon jika Ani Yudhoyono benar-benar maju dalam pilpres 2014 nanti. Setelah masa jabatan SBY habis, mungkinkah istrinya sendiri, Ani Yudhoyono yang akan menggantikannya? Berita ini sempat terdengar di akhir 2012 lalu, namun sangat kecil kemungkinan hal ini bisa terealisasi.


Kandidat-kandidat lainnya :
  • Wiranto
  • Anas Urbaningrum
  • Hatta Rajasa
  • Dahlan Iskan
  • Sri Sultan Hamengkubuwono X
  • Chairul Tanjung
  • Sri Mulyani

Itulah info mengenai kandidat bursa calon Presiden untuk pemilu 2014 selengkapnya. Beberapa kandidat sudah memutuskan akan maju sebagai capres namun ada juga yang masih sebatas rumor. Kita tunggu saja kelanjutannya di pilpres tahun 2014 mendatang. Sekian info berita nasional kali ini.


(zakipedia)

mokhammad zakky

2 komentar

Buat apa berebut jadi presiden sehhh kurang kerjaan bgt yaaaa.?


EmoticonEmoticon