Noah vs Ungu, Siapakah Grup Band Terbaik di Indonesia?

Jika kita menyebut dan memilih siapa grup band terbaik di Indonesia saat ini, mungkin jawabannya akan bervariasi dan berbeda tiap pendapat. Namun tentu tak bisa dipungkiri jika grup band Noah dan Ungu adalah dua grup band yang paling menonjol di antara band-band lain di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir dan tentu saja saat ini. 

Noah yang sebelumnya bernama Peterpan mampu menghentak pasar industri musik Indonesia setelah vokalisnya, Ariel dinyatakan bebas dari penjara pada bulan Juli lalu. Memilih Noah sebagai nama baru pengganti Peterpan, Ariel dan kawan-kawan pun kembali meraih puncak popularitas di musik Indonesia setelah beberapa tahun vakum. Noah seakan mampu mewakili dan menyelamatkan musik Indonesia di tengah badai terjangan K-Pop lewat keberadaan boyband dan girlband di Indonesia. Slogan 'Ariel Bebas, Boyband Tewas' yang didengungkan beberapa saat setelah Ariel bebas dari penjara mungkin ada benarnya. Kebangkitan Noah membuat intensitas boyband dan girlband di Indonesia mengalami penurunan dari biasanya.

Noah vs Ungu, Siapakah Grup Band Terbaik di Indonesia?

Sedangkan Ungu terbilang sebagai salah satu band yang paling konsisten di Indonesia. Hampir tiap tahunnya, Ungu selalu produktif baik lewat album studio, album religi atau lewat single-singlenya. Band dengan vokalis Pasha ini juga memiliki banyak penggemar yang dinamakan sebagai Ungu Cliquers. Popularitas dan eksistensi Ungu di belantika musik Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai single hits di Indonesia sudah sering mereka keluarkan.

Lantas siapa yang lebih baik dan lebih hebat di antara dua grup band yang dinilai sebagai band terbaik di Indonesia saat ini, Noah atau Ungu? Berikut beberapa fakta perbandingan dan statistik Noah dan Ungu yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan siapa yang terbaik.
- Nama Band :
Noah (sebelumnya Peterpan)
Ungu

- Nama Basis Fans :
Noah : Sahabat Noah
Ungu : Ungu Cliquers

- Dibentuk di Kota :
Noah : Bandung, Indonesia
Ungu : Jakarta, Indonesia

- Dibentuk Tahun :
Noah : 2000 (bernama Peterpan)
Ungu : 1996

- Anggota & Formasi :
Noah : Ariel (vokalis), Uki (gitar), Lukman (gitar), Reza (drum), David (keyboard)
Ungu : Pasha (vokalis), Enda (gitar), Onci (gitar), Makki (bass), Rowman (drum)

- Genre Musik :
Noah : Pop, Rock, Alternative
Ungu : Pop, Rock, Dangdut & Rap (dalam beberapa lagu saja)

- Label Rekaman :
Noah : Musica Studio's
Ungu : Trinity Optima


- Diskografi Album Studio :

Noah :
2003 Taman Langit, 
2004 Bintang di Surga
2005 OST Alexandria, 
2007 Hari Yang Cerah, 
2008 Sebuah Nama Sebuah Cerita, 
2012 Seperti Seharusnya

Ungu : 
2002 Laguku, 
2003 Tempat Terindah, 
2005 Melayang, 
2007 Untukmu Selamanya, 
2009 Penguasa Hati, 
2010 1000 Kisah Satu Hati


- Lagu-Lagu Terbaik :

Noah : Ada Apa Denganmu, Ku Katakan dengan Indah, Tak Bisakah, Menghapus Jejakmu, Dibalik Awan, Separuh Aku

Ungu : Bayang Semu, Demi Waktu, Tercipta Untukku, Andai Ku Tahu, Hampa Hatiku, Percaya Padaku


- Kasus dan Skandal :

Noah :
- Perpecahan dengan dua mantan anggota, Indra dan Andika yang menyebabkan pergantian nama dari Peterpan dan Noah. Indra dan Andika akhirnya membentuk band baru yang diberi nama The Titans.
- Kasus yang melibatkan vokalis, Ariel yang terlibat kasus dengan Luna Maya dan Cut Tari yang mebuat Ariel sempat dipenjara selama 3 tahun 6 bulan sebelum dibebaskan secara bersyarat pada Juli 2012.

Ungu :
- Vokalis Ungu, Pasha sempat dilaporkan ke polisi oleh gitaris Marvell Band, Idea karena kasus pemukulan. Laporan akhirnya dicabut dan kedua pihak memutuskan untuk berdamai dan Pasha hanya dihukum masa percobaan.
- Vokalis Ungu, Pasha juga sempat terlibat perseteruan dengan mantan istrinya, Okie Agustina karena tindak kekerasan yang dilakukannya.

(*note : Noah disebut lebih dulu dari Ungu karena urutan abjad)


Itulah sekilas mengenai fakta perbandingan antara Noah vs Ungu. Fakta-fakta dan juga keterangan di atas hanya sebagai perbandingan saja antara kedua grup band tersebut tanpa bermaksud menilai. Soal tentang grup band mana yang lebih baik akan dikembalikan lagi kepada pecinta musik dan tiap-tiap orang.


(zakipedia)

Mokhammad Zakky

15 komentar

NOAH RAJA BAND INDONESIA SEPANJANG UMUR INDONESIA

smua band indonesi tu acong, kecuali slank ma bang iwan fals. Yg lain out ja

Dewa 19 DO∏Ĝ  DOПĠ  DO∏Ğ
.  DOПĠ    DO∏Ĝ.  DO∏Ğ. Paling okeeee

Slank ga ada matinya....coy....

nice posting sob.
buat komentar di atas, jangan berambisi membangkakan band favoritenya masing2..
kita lihat saja selama ini yang selalu jadi lagu dan band terbaik di ajang SCTV Award dan Terdahsyat band apa, nah itu lah yang saya rasa terbaik di indonesia.
kayanya setelah Noah Bangun lagi, banyak pialah yang di gundulnya, dari musisi terbaik, lagu terbaik, vokalis dll Faktanya mmg noah lah yg dominan menjadi juara!
eits, buat yg tidak sependapat silahkan saja.
saya hanya berbicara Fakta yang terjadi mmg Fans yg paling banyak di indonesia itu Sahabat Noah, saya bukan sahabat noah n bukan ungu cliquers, tp saya suka lagu2 Noah dan Ungu.
seacrh di google dengan keyword band no 1 di indonesia sepertinya hanya muncul nama NOAH / Peterpan sob, hha terus berkarya dan ttp memberikan yang terbaik utk semua musisi di indonesia :D

Kalo ditanya Ungu vs Noah
ya pasti Ungu lah, Noah mah masih di bawah.

Kalo ditanya band terbaik
ya pasi:
Dewa 19,
Slank,
Gigi,
Padi,
Jamrud,
Sheila On 7,
Iwan Fals,

dan masih banyak lagi.

Hanya band noah yg mampu menggebrak blantika musik indonesia sepanjang masa (fakta)

kalo ngga ada Noah, sampai skrg boyband girlband pasti merajarela.
waktu ariel vakum n boyband lagi eksis, itu ungu slank dewa bla bla bla pada kemana hayoo.. slogan ariel bebas boyband tewas memang benar terjadi.
#Fakta!!!!

Omongan kalian emang gg pernah salah ..... kalo diteliti dari dulu sampai sekarang
PETERPAN/NOAH NO 1 DIINDONESIA buktinya peterpan ..band satu satunya yg dipatungiin dimonas disejajarkan dgn pahlawan ....terus
Album bintang disurga album terlaris sepanjang masa (belum ada yg ngalahin band manapun) pokonya masih banyak

Cliquer tetap konsisten dalam industri musik...ungu cliquer memang the best..voc yg mempunyai kharisma besar..

Kasian yg sok maksain bilang terbaik. Emangnya akhir2 ini slank dapat penghargaan apa? Dewa 19? Kalau iwan fals ya saya rasa itu tak perlu diragukan. Untuk yg di atas, lucu yg bilang NOAH di bawahnya ungu. Udah ngalahin prestasi NOAH belum? Album terlaris sepanjang masa, sampai2 patung Noah dipampang di monas. Hello..... Bangun woy. Wkwkwk

Lucu lucu lucu....
Faktanya? Apa kabar Ungu sekarang? NOAH di bawahnya UNGU? Hellowwww..... Wkwkwk


EmoticonEmoticon