Daftar 10 Klub Sepakbola Terkaya Di Dunia Terbaru

Dunia sepakbola saat ini sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan bisnis dan uang. Banyak klub-klub yang menjadi lahan bisnis bagi para pengusaha sehingga menghasilkan klub-klub sepakbola yang kaya. Klub-klub ini memiliki jumlah kekayaan mencapai jutaan hingga milliaran dollar sehingga mereka mampu membeli pemain-pemain termahal sekalipun. Jumlah kekayaan berasal dari pendapatan klub, baik melalui penjualan tiket stadion, merchandise klub dan tentu saja dari hasil sponsor.

Tiap tahunnya, Majalah Forbes rutin mengeluarkan daftar klub sepakbola terkaya di dunia. Di tahun 2012 lalu, klub asal Inggris, Manchester United berhasil menempati urutan pertama. Namun di tahun 2013 ini posisi United tergeser ke posisi dua. Posisi pertama sebagai klub terkaya di dunia kini justru ditempati oleh raksasa asal Spanyol, Real Madrid dengan nilai kekayaan yang mencapai 3,3 milliar dollar. Sementara rival abadi dari Madrid yaitu Barcelona berada di posisi tiga dalam daftar ini. 

Daftar Klub Sepakbola Terkaya Di Dunia Tahun 2013


Posisi empat ditempati oleh klub Inggris lainnya, Arsenal. Sementara Bayern Munich dan AC Milan berturut-turut berada di posisi lima dan enam. Chelsea berada di posisi ketujuh sedangkan posisi kedelapan ditempati oleh Juventus. Posisi sembilan dan sepuluh ditempati dua klub asal Inggris lainnya, Manchester City dan Liverpool.

Daftar 10 Klub Sepakbola Terkaya di Dunia Tahun 2013 versi Majalah Forbes :


1. Real Madrid (Spanyol)
Nilai kekayaan : 3,3 milliar dollar

2. Manchester United (Inggris)
Nilai kekayaan : 3,2 milliar dollar

3. Barcelona (Spanyol)
Nilai kekayaan : 2,6 milliar dollar

4. Arsenal (Inggris)
Nilai kekayaan : 1,3 milliar dollar

5. Bayern Munchen (Jerman)
Nilai kekayaan : 1,2 milliar dollar

6. AC Milan (Italia)
Nilai kekayaan : 945 juta dollar

7. Chelsea (Inggris)
Nilai kekayaan : 901  juta dollar

8. Juventus (Italia)
Nilai kekayaan : 694 juta dollar

9. Manchester City (Inggris)
Nilai kekayaan : 689 juta dollar

10. Liverpool (Inggris)
Nilai kekayaan : 651 juta dollar


Itulah info daftar 10 klub sepakbola terkaya di dunia tahun 2013. Klub-klub tersebut mampu menghasilkan pendapatan operasional yang tinggi yang membuat mereka masuk dalam daftar tersebut. Dari daftar di atas bisa disimpulkan jika Real Madrid kini menjadi klub terkaya di dunia. Dan patut ditunggu apakah Real Madrid bisa mempertahankan posisinya sebagai klub sepakbola terkaya di tahun 2014 nantinya. Sekian info bola terkini.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon